ingredients



Madu


History:

Madu sudah digunakana manusia sejak berabad-abad yang lalu , pada zaman mesir kuno. madu sudah menjadi barang kebutuan rumah tangga sehari-hari , dan bahkan pada waktu itu masyarakat mesir kuno menghargai madu dengan harga yang tinggi sekali bahkan menyamai dengan harga mata uang yang langka.dalam upacara adat sekalipun mereka juga menggunakan madu untuk memberi makan kepada binatang yang akan dipersembahkan kepada dewa-dewa .dan bahkan berabad-abad yang lalu sebelum mesir hal ini terbukti karena digua afrika dan spanyol ada gambar manusia mengumpulkan madu sementara itu ada gambar lebah mengitari diatas mereka .

Nutrition:

Fruktosa: 38.2%
Glukosa: 31.3%
Maltosa: 7.1%
Sukrosa: 1.3%
Air: 17.2%
Gula paling tinggi: 1.5%
Abu (analisis kimia):0.2%
Lain-lain: 3.2%
Kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kg per liter. Atau sama dengan 36% lebih kental daripada air.

Function:

1. Mencegah kanker serta penyakit jantung
Hal ini karena madu mengandung flavonoid. Kandungan ini inilah yang sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko berkembangnya sel kanker yang ada di dalam tubuh serta terkena penyakit jantung.
2. Mengurangi batuk
Madu juga berkhasiat untuk mengurangi batuk, dengan cara minumlah madu dua sendok teh 30 menit sebelum tidur.
3. Membantu meningkatkan daya ingat
Madu juga sangat baik untuk meningkatkan daya ingat Anda.
4. Membantu menghilangkan luka
Oleskan madu yang belum diproses atau madu yang masih benar-benar alami pada luka Anda. Maka luka tersebut dapat hilang secara alami.
5. Merupakan sumber nutrisi yang lengkap
Hal ini karena madu mengandung berbagai macam bahan alami nana berkhasiat yang ada di dalamnya.
6. Menghilangkan alergi
Madu mengandung anti inflamasi, jejak serbuk sari bunga dan paparan allergen yang berkhasiat untuk memerangi alergi musiman yang Anda alami.
7. Metabolism alhkohol
Dengan meminum madu secara langsung hal ini dapat membatasi keracunan serat menurunkan kadar alcohol dalam tubuh dengan cepat.
8. Memerangi bakteri yang ada di dalam tubuh
Madu dapat membunuh bakteri seperti E.coli, salmonella dan methicillin-resistant Staphylococcus.
9. Mencegah rendahnya sel darah putih
Untuk mencegah rendahnya sel dara putih yang ada di dalam tubuh, Anda bisa mengkonsumsi dua sendok teh madu setiap harinya.
10. Meningkatkan metabolisme
Karena mengandung berbagai macam vitamin, dan gizi lainnya hal ini membuat madu ampuh untuk dijadikan sebagai metabolism tubuh.
11. Mencegah diabetes
Agar terhindar dari penyakit diabetes, Anda bisa mengganti gula dengan menggunakan madu
12. Meningkatkan stamina
Hal ini karena madu mengandung energy yang dapat meningkatkan stamina tubuh Anda.
13. Meningkatkan kesuburan
Madu juga dikenal sebagai salah satu suplemen penyubur kandungan yang cukup efektif. Bagi Anda yang kesulitan untuk mendapatkan momongan, mungkin mengkonsumsi madu penyubur kandungan bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang menjalani program hamil

Caracteristic:

Klasifikasi madu

Kerajaan : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Ordo : Hymenoptera
Famili : Apidae
Genus : Apis
Spesies : Apis andreniformis, Apis cerana, Apis dorsata, Apis florae, Apis koschevnikovi, Apis laboriosa, Apis mellifera
 

 Morfologi madu:

Struktur Eksternal
Tubuh lebah madu terdiri dari tiga bagian utama, yaitu kepala (caput), dada (thorax), perut (abdomen). Lebah dimasukan kedalam kelas insekta karena tidak mempunyai kerangka internal tempat otot bertaut, tetapi sebagai penggantinya berupa penutup tubuh eksternal yang mengandung kitin. Penutup tubuh ini sekaligus melindungi organ-organ dalam.

Kepala (caput)
Komponen utama dari kepala yaitu mata, antena, dan mulut. Mata dibedakan menjadi dua, yaitu mata majemuk (compound eye) yang terletak di kedua sisi kepala dan mata sederhana (ocelli) di bagian dahi yang letaknya membentuk segitiga. Mulut terdiri dari bagian pemotong benda keras (mandibula) proboscis yang berupa belalai. Fungsi proboscis untuk menghisap bahan cair seperti air, nektar dan madu. Sepasang atena yang terdapat di kepala berfungsi sebagai alat peraba yang responsif terhadap rangsangan mekanis dan juga kimiawi.
Dada (thorax)
Dada berstruktur keras dan terdiri dari empat segmen yang saling berhubungan erat, yaitu:
  1. Prothorax yang menopang pasangan kaki pertama.
  2. Mesothorax yang menopang sayap depan dan pasangan kaki tengah.
  3. Metathorak yang menopang pasangan sayap belakang dan pasangan kaki belakang.
Bagian terbesar internal dada diisi oleh otot-otot yang menggerakkan sayap, kaki, kepala dan perut di bawah koordinasi sistem saraf. Kaki terdapat tiga pasang dan masing-masing kaki terdiri dari enam segmen yang dihubungkan oleh penghubung fleksibel. Segmen pertama menempel pada dada yaitu coxae (Cx), diikuti berturut-turut trochanter (Tr), femur (Fm), tibia (Tb), tarsus (Ts), dan pretarsus (Pts). Pada tibia bagian luar dari kaki belakang lebah pekerja terdapat sebuah kantong pollen bentuk konkaf yang ditumbuhi bulu-bulu dibagian luarnya. Pasangan kaki depan digunakan untuk membersihkan dan mengumpulkan pollen yang menempel pada mata, kepala, dan mulut. Pasangan kaki tengah berguna untuk membersihkan dada. 
Lebah mempunyai dua pasang sayap yang semua gerakannya dikontrol oleh satu sistem kompleks otot dada.

Perut (abdomen)
Larva lebah mempunyai 10 segmen perut. Pada fase pupa, segmen pertama berubah menjadi bagian dada, yaitu dada keempat (propodeum). Pada lebah ratu dan pekerja, enam segmen perut terlihat jelas, sedangkan tiga segmen lainnya mengalami degenerasi dan perubahan bentuk sehingga tidak dapat dibedakan. Pada lebah jantan, terlihat jelas ada tujuh segmen pada perutnya.
Setiap segmen perut terdiri dari dua lembaran, yaitu atas dan bawah. Lembaran atas (tergum) lebih besar dari lembaran bawah (sternum). Setiap bagian tepi ruas atau segmen perut saling menutupi satu sama lain dan dihubungkan dengan membran tipis yang melipat sehingga dapat dikembang kempiskan. Setiap perpanjangan sterna menutupi dua ruangan bentuk oval yang di dalamnya terdapat kelenjar malam (waz glands). Pada bagian atas (tragum), segmen terakhir terdapat kelenjar bau (sent gland), yaitu nassanov's gland (APIARI, 2003).


Lemongrass 

History:  

 Asal usul tanaman sereh wangi di indonesia, pastilah tak dapat dipisahkan dengan usaha penyulingan minyak sereh wangi itu sendiri, sebab hampir tiada gunanya sereh wangi ditanam jika daunnya tidak disuling untuk diambil minyaknya Ketika AKJ Kaffer berburu di kawasan sekitar Cirebon pada tahun 1890, ia sempat menemukan ketel penyulingan yang sederhana. Kemudian timbul pemikiran agar ketel penyulingan yang ditemukan tersebut berfungsi maka perlu dicari bahan baku, maka ditanamlah sereh wangi. Percobaan penanaman Kaffer ini ternyata menarik perhatian orang, sehingga dicoba pula di Kebun Raya Bogor. Namun usaha penyulingan minyak sereh wangi ini, selain dipelopori oleh Kaffer dipelopori juga oleh beberapa ahli destilasi lainnya seperti; M. Treub,   PV van Romburg, AWK de Jong, HW Hofstede dan sebagainya.  
Sumber pustaka menyebutkan, pada tahun 1899 untuk petama kalinya tanaman sereh wangi jenis Mahapengiri dari Srilangka ditanam di Kebun Raya Bogor. Sedangkan sumber lain menulis, sereh wangi jenis Mahapengiri justru dianggap asli Indonesia. Ketika itu, sampai tahun 1902, hanya terdapat dua buah industri penyulingan yang mampu menunjukkan eksistensinya, yaitu; pabrik Odorata milik Kaffer di Cicurug, dan Cikancana di Cianjur. Hanya sayang pada waktu itu minyak sereh wangi asal Jawa belum mampu bersaing dengan minyak sereh wangi asal Ceylon. Akan tetapi setelah tahun 1900, konsumen Eropa justru mulai tertarik kepada minyak sereh wangi produk Jawa. Bahkan pada tahun 1919, produk ekspor minyak sereh wangi asal Jawa berhasil menandingi ekspor dari Ceylon.

Nutrition: 
serai mempunyai banyak kandungan yang dapat bermanfaat untuk manuisa, kandungan serai yaitu antaranya:  minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.
 
Function:









  1. Kolesterol sehat
    Sereh memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan hiperkolesterolemia , yaitu mendukung kadar kolesterol yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sereh secara rutin memberikan hasil signifikan dalam mempertahankan tingkat sehat trigliserida dan mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh. Ini akan membantu mencegah akumulasi lipid dalam pembuluh darah,  dan meningkatkan aliran darah yang terhalang di arteri sehingga mencegah aterosklerosis dan berbagai gangguan jantung.
  2. Detoksifikasi
    Sereh dapat membantu membersihan racun berbahaya keluar dari tubuh, karena sifat diuretiknya. Detoksifikasi akan membantu kelancaran fungsi  berbagai organ tubuh,  termasuk hati dan ginjal serta membantu menurunkan kadar asam urat. Efek diuretik serai akan membantu meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil, sehingga membantu menjaga kesehatan pencernaan.
  3. Anti Kanker
    Sereh efektif untuk mengobati berbagai jenis kanker tanpa mempengaruhi sel-sel tubuh yang normal dan sehat.









Caracteristic: 

Klasifikasi lemongrass:

  • Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
  • Sub-Kingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisio : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisio / Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Classis / Kelas : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
  • Sub-Classis :Commelinidae
  • Ordo / Bangsa : Poales
  • Familia / Famili : Poaceae (suku rumput-rumputan)
  • Genus / Marga : Cymbopogon
  • Species / Jenis: Cymbopogon citratus










Morfologi tanaman serai

Akar
Tanaman sereh memiliki akar yang besar. Akarnya merupakan jenis akar serabut yang berimpang pendek
Batang
Batang tanaman sereh bergerombol dan berumbi, serta lunak dan berongga. Isi batangnya merupakan pelepah umbi untuk pucuk dan berwarna putih kekuningan. Tanaman sereh memiliki batang yang berwarna putih. Namun ada juga yang berwarna putih keunguan atau kemerahan. Selain itu, batang tanaman sereh juga bersifat kaku dan mudah patah. Batang tanaman ini tumbuh tegak lurus di atas tanah.
Daun
Daun tanaman sereh berwarna hijau dan tidak bertangkai. Daunnya kesat, panjang, dan runcing, hampir menyerupai daun lalang. Selain itu, daun tanaman ini memiliki bentuk seperti pita yang makin ke ujung makin runcing dan berbau citrus ketika daunnya diremas. Daunnya juga memiliki tepi yang kasar dan tajam. Tulang daun tanaman sereh tersusun sejajar. Letak daun pada batang tersebar. Panjang daunnya sekitar 50-100 cm, sedangkan lebarnya kira-kira 2 cm. Daging daun tipis, serta pada permukaan dan bagian bawah daunnya berbulu halus.
Bunga

Tanaman sereh jenis ini jarang sekali memiliki bunga. Kalaupun ada pada umumnya bunganya tidak memiliki mahkota dan mengandung bulir.
Buah
Tanaman sereh jenis Cymbopogon citratus jarang sekali atau bahkan tidak memiliki buah.
Biji
Tanaman sereh jenis Cymbopogon citratus juga jarang sekali memiliki biji.


Cinammon

 History:
 Spices dan Herbs atau singkatnya disebut rempah sudah dikenal manusia beberapa ribu tahun sebelum Masehi, tepatnya tahun 2600 - 2100 SM (Sebelum Masehi). Di Mesir, kayu manis (Cinnamon) dimnfaatkan untuk membalsam mayat raja-raja yang akan dijadikan mumi. Namun, sejarah menyatakan bahwa kayu manis sudah masuk Mesir dan Eropa sekitar abad ke 5 Sebelum Masehi. Bangsa Saba bertanggung jawab atas berlangsungnya perdagangan kayu manis dari India dan Srilanka (Ceylon) ke negara Arab bagian Selatan. Pedagang Saba saat itu masih menyembunyikan asal-usul tanaman ini.

Beberapa tehun setelah 2100 SM, Mesir mengimport kayu manis dari Cina dan Asia Selatan khusus untuk membalsam mayat-mayat raja. Memang, untuk membuat mumi, selain kayu manis juga dimanfaatkan jenis rempah lain yang wangi, misalnya cumin (Cumimum cymmimum), anis (Anijs pimpinella anisum L.), dan majoraan (Origanum vulgaris L.).

Nutrition:

Kilojoule                           1092 kj
Kalori                                261 kkal
Lemak                               3,19 g
Lemak Jenuh                     0,65 g
Lemak tak jenuh ganda    0,53 g






Lemak tak jenuh tunggal  0,48 g
Kolestrol                           0 mg

Protein                              3,89 g


Karbohidrat                      79,85 g


Serat                                  54,3 g


Gula                                   2,17 g

Sodium                               26 mg

Kalium                               500 mg






Function:


1. Mengontrol gula darah
Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes

2. Anti infeksi
Kayu manis memiliki komponen anti infeksi natural. Dalam berbagai penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

3. Meningkatkan fungsi otak
Mencium bau kayu manis diketahui bisa meningkatkan aktivitas otak. whfoods.com juga menjelaskan bahwa bau kayu manis bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, dan kecepatan bekerja pada program komputer.

4. Mengontrol gula darah
Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

5. Menurunkan kolesterol
Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Untuk itu, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, serat pada kayu manis juga bisa mengobati konstipasi atau diare


Caracteristic: 

Klasifikasi Kayu manis:

Kingdom                       : plantae
Sub Kingdom                : Viridiplantea
Infra Kingdom               : streptophyta
Super Divisi                  : Embryophyta
Divisi                             : Tracheophyta
Sub Divisi                      : Spermatophytina
Kelas                             : Magnoliopsida
Super ordo                    :magnolianea
Ordo                              : laurales
Famili                            : lauraceae
Genus                           : Cinnamomum Schaeff
Spesies                         ; Cinnamomum verum J. presl


Morfologi kayu manis: 

 Kayu manis termasuk genus Cinnamomum yang termasuk dari famili Lauraceae yang meliputi tumbuhan berkayu dengan bentuk daun tunggal, ordo Polycarpicae dan termasuk Kelas Dicotyledoneae. Daun kayu manis duduknya berseling atau dalam rngkaian spiral dan bersifat liat. Panjang daun sekitar 9-12 cm dan lebar 3,4-5,4 cm (tergantung jenisnya), warna pucuk kemerahan dan daun tuanya bewarna hijaua tua. Warna bunga kuning, berkelamin dua atau sempurna dengan ukuran kecil. Bunga tidak bertajuk, benangsari berjumlah 12 helai yang terangkai dalam 4 kelompok. Kelompok benangsari yang berada didalam umumnya mandul. Kotak sari beruang empat, persarian berlangsung dengan bantuan serangga (sejenis lalat). Buahnya adalah buah buni berbiji satu dan berdaging, berbentuk bulat memanjang (panjang buah sekitar 1,3-1,6 cm dengan diameter 0,35-0,75), buah muda berwarna hijau tua dan bila sudah tua berwarna. Kulit batang pokok, cabang dan ranting mengandung minyak atsiri yang merupakan komoditas ekspor.




source:

 http://hernismantel.blogspot.co.id/2013/11/semua-tentang-madu-pengertian-kandungan.html
http://nad.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/info-teknologi/712-serai-wangi-tanaman-penghasil-atsiri-yang-potensial
https://id.wikipedia.org/wiki/Kayu_manis
https://www.google.co.id/search?q=gambar+madu&hl=id
ttps://www.google.co.id/search
search?q=gambar+kayu+manis&hl=id




Komentar