iingredients


  Terung
Hasil gambar untuk terung
sejarah
Terung (Solanum melongena, di Pulau Jawa lebih dikenal sebagai terong) adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Asalnya adalah India dan Sri Lanka. Terung berkerabat dekat dengan kentang dan leunca, dan agak jauh dari tomat.
Terung ialah tumbuhan pangan yang ditanam untuk buahnya. Asal usul budidayanya berada di bagian selatan dan timur Asia sejak zaman prasejarah, tetapi baru dikenal di dunia Barat tidak lebih awal dari sekitar tahun 1500. Buahnya mempunyai berbagai warna, terutama ungu, hijau, dan putih. Catatan tertulis yang pertama tentang terung dijumpai dalam Qí mín yào shù, sebuah karya pertanian Tiongkok kuno yang ditulis pada tahun 544[4]. Banyaknya nama bahasa Arab dan Afrika Utara untuk terong serta kurangnya nama Yunani dan Romawi menunjukkan bahwa pohon ini dibawa masuk ke dunia Barat melewati kawasan Laut Tengah oleh bangsa Arab pada awal Abad Pertengahan. Nama ilmiahnya, Solanum melongena, berasal dari istilah Arab abad ke-16 untuk sejenis tanaman terung.
Karena terung merupakan anggota Solanaceae, buah terung pernah dianggap beracun, sebagaimana buah beberapa varietas leunca dan kentang. Sementara buah terung dapat dimakan tanpa dampak buruk apa pun bagi kebanyakan orang, sebagian orang yang lain, memakan buah terung (serupa dengan memakan buah terkait seperti tomat, kentang, dan merica hijau atau lada) bisa berpengaruh pada kesehatan. Sebagian buah terung agak pahit dan mengiritasi perut serta mengakibatkan gastritis. Karena itulah, sebagian sumber, khususnya dari kalangan kesehatan alami, mengatakan bahwa terung dan genus terkait dapat mengakibatkan atau memperburuk artritis dengan kentara dan justru itu, harus dijauhi oleh mereka yang peka terhadapnya.
Nutrisi/kandungan gizi
Nama Bahan Makanan : Terong
Banyaknya Terong yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 
Bagian Terong yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 87 %
Jumlah Kandungan Energi Terong = 24 kkal
Jumlah Kandungan Protein Terong = 1,1 gr
Jumlah Kandungan Lemak Terong = 0,2 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Terong = 5,5 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Terong = 15 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Terong = 37 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Terong = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Terong = 30 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Terong = 0,04 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Terong = 5 mg
Fungsi terong :
1. Mengobati Nyeri Perut
2. Mengontrol Asam Lambung Supaya Tidak Berlebihan
3. Mengurangi Gejala Penyakit Penuaan Dini
4. Meningkatkan Ketajaman Bola Mata
5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
6. Melejitkan Kesuburan Pria dan Wanita
7. Memperbaiki Suasana Hati
8. Mengatur Kadar Trigliserida
9. Dapat Melancarkan Urin
10. Mengandung Protein
12. Mencegah dan mengobati asam urat atau penyakit Gout
13. Mencegah kanker leukimia
14. Untuk meremajakan kulit
15. Mencegah terjadinya rematik atau arthritis
16. Mengobati gangguan ginjal dan hati
17. Mengobati infeksi saluran cerna
18. Mengobati gangguan kandung kemih
19. Mencegah hematemesis dan melena
20. Menjaga kesehatan janin dan ibu hamil
21. Membuat jantung sehat
22. Menyehatkan paru-paru
23. Menjaga kesehatan kulit dan wajah
24. Menjaga kesehatan ginjal
25. Menjaga kepadatan tulang dan gigi
Karateristik terong :
1. Akar
Akar tanaman terong adalah akar tunggang yang dangkal, banyak cabang, dan memiliki buluh yang kasar.
2. Batang
Batang tanaman terong di bedakal menjadi dua macam, yaitu batang utama (batang primer) dan percabang (batang sekunder). Dalam perkemban perkembangan batang sekunder ini akan mempunyai percabangan baru. Batang utama merupakan penyangga berdirinya tanaman, sedang percabangan adalah bagian tanaman yang mengeluarkan bunga. Batang utama bentuknya persegi (angularis), sewaktu muda berwarna ungu kehijauan, setelah dewasa menjadi ungu kehitaman (Imdad, 2001).           
3. Daun
Daun terong terdiri atas tangkai daun (petiolus) dan helaian daun (lamina). Daun seperti ini lazim disebut daun bertangkai. Tangkai daun berbentuk slindris dengan sisi agak pipih dan menebal dibagian pangkal, panjang berkisar antara 5-8 cm. Helaian daun terdiri dari ibu tulang daun, terdiri  atas ibu tulang daun, tulang cabang dan urat-urat daun. Ibu tulang daun merupakan perpanjangan dari tangkai daun yang makin mengecil kearah pucuk. Lebar helaian daun 7-9 cm atau lebih sesuai varietasnya. Panjang daun antara 12-20  cm. Bangun daun berupa belah ketupathingga oval, bagian ujung daun tumpul, pangkal daun mruncing, dan sisi bertoreh.
4. Bunga
Bunga terong merupakan bunga banci atau bunga berkelamin dua, dalam satu bunga terdapat alat kelamin jantan (benang sari) dan alat kelamin wanita (putik). Bunga seperti ini dinamakan bunga  lengkap. Perhiasan bunga yang dimiliki adalah kelopak bunga, mahkota bunga, dan tangkai bunga.
5. Buah
Buah terong merupakan buah sejati tuggal dan berdaging tebal, lunak, serta tidak akanpecah bila buah telah masak. Daging buah lunak dan berair. Daging buah ini merupakan bagian yang enak dimakan. 
6. Biji
Biji-biji terdapat bebas dalam daging buah. Biji terong sangat mengkilap, berlendir, berbentuk bulat lonjong dan juga berwrna coklat hingga kehitaman.
 
 
Wortel
Hasil gambar untuk wortel
HISTORY
Berbagai catatan sejarah menyebutkan, wortel sudah dikenal orang sejak abad ke-1 Masehi. Lantaran aromanya yang sangat khas, dulu orang menanam wortel untuk mengambil daun dan bunganya saja, bukan akarnya seperti sekarang.
Secara garis besar, para ahli botani mengelompokkan wortel ke dalam dua kategori, yaitu wortel timur dan wortel barat. Wortel timur dibudidayakan pertama kali di Afganistan pada abad ke-10 Masehi. Warna wortel ini ungu. Sementara itu, wortel barat dibudidayakan pertama kali di Belanda, sekitar abad ke-15. Warna wortelnya oranye.
Tidak ada kebuners yg tdk mengetahui tanaman wortel dan tentunya pernah mencicipi rasanya. Apakah itu dipakai utk membuat sop atau sekedar diblender utk diambil juicenya untuk kesehatan mata. 
Memang sayuran satu ini sudah umum ditemui di seluruh wilayah Indonesia.
Tapi tahukah anda bahwa tanaman sayur ini telah melalui perjalanan panjang sebelum dikenal di seluruh dunia. Daucus carota, demikuan nama latin tanaman sayuran yg dipercaya berasal dari wilayah Persia (Iran dan Afghanistan saat ini). Menyebar melintasi Eropa sebagai wortel liar berwarna ungu dan putih.  Setelah abad ke 17, wortel yg umum dibudidayakan adalah wortel berwarna orange. Sebelum itu warna asli wortel adalah ungu dan putih. Ini varietas tetua dari wortel. Wortel berwarna orange itu merupakan mutasi gen dari wortel tetua aslinya.
Perhatikan di gambar di atas. Tampak jelas warna orange muncul di antara warna putih dan ungu. Lalu mengapa yg terkenal saat ini adalah wortel berwarna orange. Tentu itu ada cerita tersendiri.
Pada abad ke 17, kerajaan Belanda dijajah oleh Spanyol, dan ketika itu salah satu pangeran kerajaan Belanda, Willem I/ Willem the Silent, mengangkat senjata dan mengadakan revolusi untuk membebaskan Belanda dari penjajah Spanyol. 
Setelah berhasil, Willem I mendirikan House of Orange Nassau. Orange adalah warna favoritnya. Untuk menghormati Willem I, warga Belanda mengabadikan warna orange menjadi indentitas warna keluarga kerajaan/royal family dan juga menjadi warna national Belanda.
Itu terlihat di seragam kesebelasan sepak bola Belanda. Hingga lagu kebangsaan Belanda juga :
Satu lagi penghormatan terhadap Williem I adalah dilakukan oleh petani2 Belanda dgn membudidayakan wortel berwarna orange dan menyebar ke seluruh dunia melalui Britania Raya. Akhirnya tanaman sayur berumbi yg dibudidayakan dengan biji dan stek daun ini berkembang ke seluruh dunia dengan satu warna: Orange.
Akhir-akhir  ini barulah orang mengingat kembali tetua asal wortel dgn mulai membudidayakan kembali wortel ungu dan wortel putih disamping juga wortel berwarna merah.
Ditulis CarrotMuseum, menurut ahli sejarah kuliner, kue wortel yang dinikmati saat ini kemungkinan besar merupakan evolusi dari puding wortel pada abad pertengahan di Eropa.
Pada masa itu dan selama Perang Dunia Kedua di Inggris, gula langka dan mahal. Sebagai penambah rasa manis dalam resep makanan penutup, orang menggunakan wortel. Sejak saat itulah wortel digunakan sebagai pengganti gula.
Meski kandungan gula dalam bit lebih banyak, wortel lebih mudah didapatkan. Wortel adalah sayuran yang banyak mengandung gula sehingga manis rasanya.  Tak jelas, siapa yang memulai pemanfaatan wortel di dalam kue. Namun, dilansir dari Wikipedia, resep tertua kue wortel tercatat berasal dari 1892. Kue wortel merupakan salah satu kue paling populer di Swiss, yang disajikan pada ulang tahun anak-anak.
Kue wortel sendiri relatif baru beredar luas setelah tahun 1960 saat ditawarkan di restoran dan kafeteria di Amerika Serikat. Makanan penutup yang cocok dinikmati bersama secangkir teh ini ternyata disukai para penggemar makanan manis. Adalah George C. seorang pebisnis yang dianggap telah mempromosikan kue wortel hingga terkenal.
      Nutrient content
Kandungan Gizi Wortel (Carrot)
Wortel mengandung berbagai Vitamin, Mineral, Antioksidan dan Senyawa tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa senyawa tumbuhan yang penting bagi kesehatan tubuh manusia yang dikandung oleh Wortel diantaranya seperti Beta-Karoten, Alpha-Karoten, Likopen, Lutein, Polyacetylene dan Anthocyanin.
Berikut dibawah ini adalah tabel kandungan gizi wortel pada setiap 100 gram-nya.
Jenis Nutrisi / Gizi
Kandungan
AKG%
Kalori
41kal
Karbohidrat
9,6g
Air
88%
Protein
0,9g
Gula
4,7g
Serat
2,8g
Lemak
0,2g
Vitamin A
835µg
93%
Vitamin C
5,9mg
7%
Vitamin D
0µg
Vitamin E
0,66mg
4%
Vitamin K
13,2µg
11%
Vitamin B1 (Thiamine)
0,07mg
6%
Vitamin B2 (Riboflavin)
0,06mg
4%
Vitamin B3 (Niacin)
0,98mg
6%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)
0,27mg
5%
Vitamin B6 (Pyridoxine)
0,14mg
11%
Vitamin B9 (Folat)
19µg
5%
Vitamin B12
0µg
Cholin
8,8mg
2%
Kalsium
33mg
3%
Zat Besi
0,3mg
4%
Magnesium
12mg
3%
Fosfor
35mg
5%
Potassium (Kalium)
320mg
7%
Sodium
69mg
5%
Seng (Zinc)
0,24mg
2%
Tembaga (Copper)
0,05mg
5%
Manganese
0,14mg
6%
Selenium
0,1µg
0%
      Function Of Ingredient
1.   Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat Wortel bagi kesehatan yang paling sering kita dengar mungkin adalah manfaat wortel untuk menjaga kesehatan mata kita. Hal ini sangat beralasan karena Wortel mengandung sekitar 835µg Vitamin A pada setial 100gram-nya. Kandungan Vitamin A tersebut merupakan 93% dari kebutuhan harian kita terhadap Vitamin A. Seperti yang kita ketahui, Vitamin A merupakan vitamin yang sangat penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan alat indera penglihatan kita ini. Selain Vitamin A, Wortel juga mengandung Lutein dan Beta-Karoten yang bermanfaat bagi kesehatan mata kita.

2.      Menurunkan Risiko Kanker

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa nutrisi atau gizi yang terkandung pada Wortel terutama Karoten dapat menurunkan risiko terkenanya kanker seperti kanker paru-paru, kanker prostat, kanker kolon dan kanker payudara.

3.      Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menunjukan bahwa Karotenoid dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Karotenoid adalah golongan senyawa kimia organik bernutrisi yang terdapat pada pigmen alami tumbuhan dan hewan. Kandungan Beta-Karoten, Alpha-Karoten dan Lutein yang terdapat pada Wortel yang merupakan anggota dari Keluarga Karatenoid.

4.      Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung juga dapat diturunkan dengan mengkonsumsi wortel secara teratur. Serat larut atau Soluble Fiber pada Wortel dapat mengikat lemak, kolesterol dan asam empedu sehingga tidak diserap dalam usus halus tetapi membuangnya melalui usus besar. Untuk menggantikan asam empedu yang hilang, hati akan menarik kolesterol dari darah. Dengan demikian, kadar kolesterol dalam darah akan menurun.

5. Menjaga Kesehatah Kulit

Vitamin A yang terkandung dalam Wortel dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi serta warna kulit yang tidak rata. Selain pada kulit, Kekurangan Vitamin A akan mengakibatkan kekeringan pada rambut dan kuku.

6.      Memperlambat Penuaan

Tingginya Beta-karoten pada Wortel berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan sehingga membantu memperlambat penuaan.

7.      Mengatasi Sembelit 

Serat yang terkandung dalam Wortel dapat meningkatkan feses hingga 25% sehingga dapat mengatasi permasalahan sembelit.


Þ        Charateristic of ingredients
Morfologi Tanaman Wortel
 
Daun
Daun wortel bersifat majemuk menyirip ganda dua atau tiga, anak-anak daun berbentuk lanset (garis-garis). Setiap tanaman memiliki 5-7 tangkai daun yang berukuran agak panjang. Tangkai daun kaku dan tebal dengan permukaan yang halus, sedangkan helaian daun lemas dan tipis.

Batang.
Batang tanaman wortel sangat pendek sehingga hampir tidak nampak, batang bulat, tidakberkayu, agak keras, dan berdiameter kecil (sekitar 1-1,5 cm). Pada umumnya batang berwarna hijau tua. Batang tanaman tidak bercabang, namun ditumbuhi oleh tangkaidaun yang berukuran panjang, sehingga kelihatan seperti bercabang.

Akar
Tanaman wortel memiliki sistem perakaran tunggang dan serabut. Dalam pertumbuhannya akar tunggang akan mengalami perubahan bentuk dan fungsi menjadi tempat penyimpanan cadangan makanan. Bentuk akar akan berubah menjadi besar dan bulat memanjang, hingga mencapai diameter 6 cm dan panjang sampai 30 cm, tergantung varietasnya. Akar tunggang yang telah berubah bentuk dan fungsi inilah yang sering disebut atau dikenal sebagai “Umbi Wortel”.

Bunga.
Bunga tanaman wortel tumbuh pada ujung tanaman, berbentuk payung berganda, dan berwarna putih atau merah jambu agak pucat. Bunga memiliki tangkai yang pendek dan tebal. Kuntum-kuntum bunga terletak pada bidang yang sama. Bunga wortel yang telah mengalami penyerbukan akan menghasilkan buah dan biji-biji yang berukuran kecil dan berbulu (Cahyono, 2007 dalam (Keliat, 2008)).

Umbi.
Wortel merupakan tanaman sayuran umbi semusim, berbentuk semak yang dapat tumbuh sepanjang tahun, baik pada musim hujan maupun kemarau. Batangnya pendek dan berakar tunggang yang fungsinya berubah menjadi bulat dan memanjang. Warna umbi kuning kemerah-merahan, mempunyai karoten A yang sangat tinggi, Umbi wortel juga mengandung vitamin B, Vitamin c dan mineral (setiawan, 1995dalam (Pohan, 2008)).
 Cahyono (2002) dalam (Rini, 2010) mengatakan bahwa pada awalnya hanya dikenal beberapa varietas wortel, namun dengan berkembangnya peradaban manusia dan teknologi, saat ini telah ditemukan varietas-varietas baru yang lebih unggul daripada generasi-generasi sebelumnya. Varietas-varietas wortel terbagi menjadi tiga kelompok yang didasarkan pada bentuk umbi, yaitu tipe Imperator, Chantenay, dan Nantes.
Tipe Imperator memiliki umbi berbentuk bulat panjang dengan ujung runcing (menyerupai kerucut), panjang umbi 20-30 cm, dan rasa yang kurang manis sehingga kurang disukai oleh konsumen. Tipe Chantenay memiliki umbi berbentuk bulat panjang dengan ujung tumpul, panjang antara 15-20 cm, dan rasa yang manis sehingga disukai oleh konsumen. Tipe Nantes memiliki umbi berbentuk peralihan antara tipe Imperator dan tipe Chantenay, yaitu bulat pendek dengan ukuran panjang 5-6 cm atau berbentuk bulat agak panjang dengan ukuran panjang 10-15 cm.
Dari ketiga kelompok tersebut, varietas yang termasuk ke dalam kelompok chantenay yang dapat memberikan hasil (produksi) paling baik, sehingga paling banyak dikembangkan
 
 
Kurma 
 Hasil gambar untuk kurma
 
HISTORY
Pohon kurma sudah tumbuh sejak zaman dahulu kala bahkan pohon ini sudah tumbuh sebelum manusia diciptakan. Kita mengenal kisah Nabi Adam ketika beliau turun ke bumi. Beliau sudah mendapati bumi ini dihuni oleh barbagai macam tumbuhan yang tentunya salah satunya adalah pohon kurma. Pada sebuah kuburan Mesir kuno ditemukan mumi yang ditutupi oleh tikar yang terbuat dari pelepah kurma. Selain itu ditemukan juga sebuah pohon kurma utuh disebuah kuburan kuno didaerah Shakra dan kuburan itu sudah ada sejak 3200 tahun sebelum masehi. Bahwa di daerah yang menjadi ibukota Al-Wadi Al-Jadidi di Mesir ditemukan sisa-sisa pohon kurma dari zaman batu.
Sampai sekarang para ilmuan masih berselisih pendapat tentang asal-muasal pohon kurma. Menurut Erdowardo Bakari, pakar tumbuhan palem asal Italia yang dikutip oleh Dr. Ahmad Syauki Ibrahim, dalam bukunya Mausu’ah Al ‘I’jaz Al-Ilmi Fil Hadits An-Nabawi atau Ensiklopedia mukjizat ilmiah hadits nabi dijelaskan bahwa ada beberapa jenis kurma yang tidak tumbuh dengan baik kecauli di daerah subtropis yang memiliki curah hujan yang sangat jarang dan akar-akar pohon jenis tersebut membutuhkan air yang cukup sehingga ia berjuang melawan kadar air asin.
Menurut Dr. Ahmad Syauki Ibrahim penjelasan Erdowardo tadi menunjukkan bahwa asal mula pohon kurma dari daerah teluk Arab karena karakteristik daerah yang disebutkan Erdowardo Bakari hanya terletak di daerah sepanjang pesisir teluk Arab dan selatan India atau yang beriklim serupa adalah lembah antara sungai Tigris dan lembah sungai Nil.
Besarnya manfaat pohon kurma sudah terkenal sejak dahulu kala dari berbagai penemuan Artesar di mesir pohon kurma sudah menjadi bagian terpenting bagi masyarakat Mesir kuno. Mereka menggunakan hampir keseluruhan pohon kurma, dari mulai batangnya mereka pergunakan sabagai pondasi rumah. Pelepah kurma digunakan sebagai atap rumah dan juga sebagai bahan tikar, tentunya yang paling penting adalah buahnya sebagai makanan yang bisa mereka simpan sepanjang tahun sebagai penunjang kebutuhan pokok makanan mereka. (Khazanah/Mushalli
Þ Nutrient content
Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan, dalam 100 gr buah kurma yang diuji, mengandung banyak nutrisi. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tabel nutrisi buah kurma di bawah ini:
Zat gizi
Jumlah/100 gram
Air
18.27
Energi
251 kkal
Protein
2.81 g
Karbohidrat
66.78 g
Serat
7.1 g
Gula
56.38 g
Total lemak
0.35 g
Lemak jenuh
0.0028 g
MUFA
0.0032 g
PUFA
0.017 g
kolesterol
0 mg
Mineral:
Kalsium
35 mg
Zat Besi
0.91 mg
Magnesium
38 mg
Fosfor
55 mg
Kalium
484 mg
Sodium
2 mg
Seng
0.26 mg
Vitamin
Vitamin A
9 IU
Vitamin B1 (tiamin)
0.046 mg
Vitamin B2 (riboflavin)
0.059 mg
Vitamin B3 (niasin)
1.134 mg
Vitamin B5 (asam pantotenat)
0.525 mg
Vitamin B6 (piridoxin)
0.147 mg
Vitamin B9 (folat)
17 mcg
Vitamin B12
0 mcg
Vitamin C
0.4 mg
Vitamin E
0.04 mg
Vitamin K
2.4 mcg
Fitonutrisi
Beta karoten
5 mcg
Beta kriptoxantin
0 mcg
Lutein dan zeaxantin
67 mcg
Likopen
0 mcg

Þ Function Of Ingredients
1. Mencegah rematik
Siapa yang menyangka kalau buah yang berasal dari Timur Tengah ini punya kemampuan untuk mencegah terjadinya rematik? Ini karena buah kurma mengandung banyak mineral yang penting untuk kesehatan terutama tulang dan otot. Makan 15 buah kurma setiap hari dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral penting seperti kalsium, kalium, magnesium, sulfur dan boron. Baca juga artikel cara mengobati rematik.
2. Serat terbaik untuk usus
Usus yang bekerja terus menerus harus dibersihkan dari sisa-sisa makanan supaya kinerjanya kembali optimal. Dan sisa-sisa makanan yang menempel pada dinding usus tidak menimbulkan penyakit. Serat adalah salah satu zat yang berfungsi membersihkan usus. Kurma mengandung serat larut dalam bentuk pektin yang lebih banyak dibanding buah-buahan lain. Selain itu, serat yang terdapat pada buah yang belum matang juga berfungsi sebagai prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik yang sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan.
3. Mencegah kanker otak
Buah kurma mengandung mineral yang cukup tinggi dan kaya. Diantaranya magnesium, sulfur, potassium, kalsium dan boron yang berfungsi juga untuk pencegahan kanker otak. Dengan mengkonsumsi 15 butir kurma setiap hari, Anda sudah bisa memenuhi hingga 80% kebutuhan magnesium dan 70% kebutuhan sulfur.
4. Sebagai sumber energi
Selain sumber serat yang baik, kurma juga merupakan sumber energi yang efektif. Dengan mengkonsumsi 100 gram buah kurma segar Anda dapat memenuhi kebutuhan energi harian hingga 12 hingga 15 persen. Jika anda mengkonsumsi kurma kering, kandungan antioksidannya menjadi berkurang. Kurma merupakan sumber energi instan, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang pada saat berbuka puasa.
5. Sumber antioksidan
Seperti yang sudah disebutkan di atas, kurma merupakan sumber antioksidan yang sangat bagus. Dimana fungsi antioksidan sendiri melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Secara tidak langsung, mengkonsumsi buah kurma juga membantu diri Anda terhindar dari resiko berbagai jenis kanker. Zat-zat fitokimia yang terdapat pada kurma antara lain polifenol, sterol, tanin, dan karoten.
6. Mengobati demam berdarah
Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah kurma dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit pada pasien penderita demam berdarah. Persentase peningkatan kadar trombosit dengan pemberian sari kurma adalah 23.90% per hari, sedangkan peningkatan kadar trombosit tanpa konsumsi sari kurma adalah 8.09% per hari. Kandungan sari kurma yang diduga turut berperan dalam meningkatkan produksi trombosit adalah sejumlah karbohidrat seperti manosa, galaktosa, arabinosa, dan xilosa sebagai bahan penyusun granula trombosit. Baca juga artikel cara mengobati demam berdarah.
7. Menjaga kesehatan jantung
Kurma merupakan buah yahng kaya akan kandungan kalium. Seperti yang kita tahu salah satu fungsi kalium adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah karena dapat menstabilkan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot-otot jantung, dan mengatur tekanan darah.
8. Mencegah resiko stroke
Resiko stroke bisa dikurangi hingga 40% dengan cara mengkonsumsi kalium sebanyak 400 mg/100 gram per hari. Kebutuhan kalium tersebut bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi minimal 5 butih kurma basah setiap hari. Jika Anda ingin mendapatkan jumlah yang lebih banyak bisa mengkonsumsi jus sari buah kurma yang saat ini sudah beredar di pasaran. Namun, pastikan keasliannya dengan membeli di tempat-tempat yang terpercaya dan dapat dipertanggunjawabkan.
9. Melancarkan pencernaan
Sudah dibahas tadi di atas. Kurma memiliki kandungan serat larut dalam buah masak dan serat tak larut dalam buah yang belum masak. Jika serat larutnya berfungsi membersihkan saluran pencernaan, maka serat tak larut ini bertugan sebagai pendukung perkembangan prebiotik baik yang sangat diperlukan untuk membersihkan sistem pencernaan yang jga berdampak pada lancarnya proses buang air besar (BAB).
10. Aman untuk penderita hipertensi
Ada yang bertanya apakah buah kurma aman untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi? Perlu diketahui bahwa kurma juga rendah natrium namun tinggi akan kalium yang jumlahnya meningkat seiring tingkat kematangannya sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi.
11. Mecegah anemia
Anemia atau kurang darah seringkali dialami oleh wanita apalagi yang sedang dalam masa kehamilan. Lalu apakah kurma ini baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil? Tentu. Bahkan buah kurma punya kemampuan untuk mencegah anemia. Kandungan zat besi dan kalsium pada kurma berperan dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu kandungan asam askorbatnya juga baik untuk menjaga ketersediaan zat besi dalam tubuh sehingga proses produksi hemoglobin dapat berlangsung dengan baik. Itulah salah satu manfaat kurma bagi wanita hamil.
12. Meningkatkan daya ingat dan kerja otak
Manfaat buah kurma yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya ingat dan juga meningkat kinerja otak. Hal ini karena kandungan kalium yang tinggi pada kurma dapat melancarkan distribusi oksigen ke otak dan memperlancar keseimbangan cairan tubuh.
13. Mencegah insomnia
Insonia atau kesulitan untuk tidur tepat waktu kerapkali diderita oleh orang-orang yang sibuk di zaman modern ini. Dampaknya, keseimbangan tubuh mulai terganggu karena sistem metabolisme yang tidak teratur. Kandungan vitamin B3 dalam uah kurma dapat membantu anda mengurangi gejala insomnia.
14. Aman untuk penderita diabetes
Selain aman dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi, kurma juga aman dikonsumsi oeh penderita diabetes. Kurma mengandung karbohidrat sederhana yaitu glukosa dan fruktosa. Glukosa adalah karbohidrat yang sudah siap serap dan membutuhkan insulin dalam penyerapannya. Sedangkan fruktosa adalah gula yang terdapat dalam buah-buahan. Untuk masuk ke dalam sel, fruktosa tidak membutuhkan insulin, dengan demikian kurma aman bagi pengidap Diabetes Melitus (DM).
15. Bebas lemak jenuh
Kurma merupakan buah dengan kandungan serat yang baik dan tidak memiliki kandungan lemak jenuh, kolesterold an sodium. Hal tersebut diungkapkan oleh Fendy Susanto, STP, CPT, CFT, ahli gizi dari Nutrifood Research Center. Jadi jangan takut menjadi gendut karena rutin mengkonsumsi buah kurma.

Þ Charateristic of ingredients
Þ     Ciri-ciri Pohon Kurma
Pohon kurma merupakan tanaman jenis dioecious, yaitu memiliki tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah. Mereka bisa tumbuh dengan mudah dari bakal biji, tetapi hanya 50% tanaman betina yang ditanam secara pembibitan akan berbuah, dan menghasilkan buah yang kecil serta berkualitas rendah.
Þ     Ciri-ciri pohon kurma yaitu berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang antara 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.
Þ     Ciri-ciri Buah Kurma
Buah yang dihasilkan oleh pohon kurma dikenal sebagai buah kurma. Ciri-ciri buah kurma yaitu bentuk lonjong-silinder dengan panjang 3-7 cm, berdiameter 2-3 cm dan ketika masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jenisnya. Kurma mempunyai biji tunggal yang ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 cm dan tebalnya 6-8 mm.
Pohon kurma baru bisa berbuah setelah ditanam selama 4 sampai 7 tahun dan bisa dipanen ketika telah berusia 7 sampai 10 tahun. Pohon kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pada setiap musim panennya. Agar mendapatkan buah yang berkualitas untuk bisa dipasarkan, tandan kurma harus ditipiskan dan dibungkus atau ditutup sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar dan terlindungi dari cuaca dan hama, seperti burung.
Kurma matang dibagi menjadi empat golongan, yang mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaan Arab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari). 

Komentar