famous food


Sate

Hasil gambar untuk sate

Sate, makanan asli Indonesia ini disukai oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Terbuat dari potongan daging ayam yang ditusuk dengan tusukan lidi dan dibumbui dengan bumbu kacang yang lezat, sate menjadi makanan yang disantap saat makan siang dan malam.
Meskipun berasal dari Indonesia, namun kamu tetap bisa menemukan sate di beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Makanan yang telah dikenal di mata dunia ini ternyata memiliki asal usul yang masih belum jelas kebenarannya.
Dibalik penampilannya yang sangat menggoda, tidak banyak orang yang tahu tentang fakta di balik kehadiran sate sebagai salah satu santapan nusantara. Apa saja?
 
1. Keberadaan Sate Sudah Ada Sejak Abad Ke-19
Jika ditelusuri dari sejarahnya, sate sudah populer sejak abad ke-19 di Pulau Jawa. Namun, tidak ada orang yang tahu pasti tentang asal usul terciptanya sate. Banyak pendapat mengenai hal ini, termasuk kata sate yang diduga berasal dari bahasa Tamil.
 
2. Dikenal di Kancah Internasional 
Sate sering dihadirkan pada acara kuliner internasional yang sering diadakan di berbagai negara. Dengan pengenalan inilah, sate mulai dikenal di mata dunia. Banyak orang luar negeri pun yang saat ini sudah mengenal sate. Rasanya yang enak juga membuat sate dicintai oleh banyak orang termasuk orang asing.
3. Banyaknya Varian Sate
Indonesia dikenal dengan masyarakatnya yang kreatif. Mereka mampu menciptakan hidangan baru yang sebelumnya belum pernah ada di Indonesia atau bahkan di dunia. Termasuk membuat varian sate dengan aneka jenis daging.
Selain sate ayam dan sate kambing, jenis sate yg ada di Indonesia cukup banyak mengingat setiap daerah mempunyai ciri khas sate masing-masing. Seperti sate buntel yang terkenal di Surakarta dan sate lilit khas Pulau Bali.
 
4. Sate Madura Paling Populer
 Dari sekian banyak sate yang ada di Indonesia, sate Madura adalah yang paling diidolakan. Sate madura mempunyai bumbu khas madura yang lezat. Biasanya terbuat dari daging ayam, kambing dan sapi lalu dibumbui dengan bumbu kacang, kecap dan petis yang membuat sensasi rasa sate menjadi lebih menggiurkan. Dan tak sulit menemukan sate madura karena hampir di seluruh Nusantara menjual sate yang paling populer ini.
 
5. Salah Arti tentang Fushion Sate
Kini telah banyak makanan yang sengaja dibuat dengan bumbu sate. Dan banyak restoran yang memberikan nama hidangan tersebut dengan nama 'sate' di akhir nama menu makanan.
Padahal sejatinya sate adalah potongan daging yang ditusuk-tusuk dengan tusukan lidi lalu dibumbui dengan bumbu baik bumbu kacang atau bumbu lainnya. Namun, sepertinya pemahaman masyarakat akan sate masih minim. Dan makanan yang diberi nama dengan 'rasa sate' dirasa tidak tepat karena tidak sesuai dengan artian sate yang sesungguhnya

Souce: https://kumparan.com/@kumparanstyle/ada-sejak-abad-ke-19-ini-5-fakta-menarik-tentang-sate


SOTO


Hasil gambar untuk soto 
 
Bagi anda penduduk asli Indonesia, pasti sudah merasakan atau paling tidak sudah mendengar salah satu makanan berkuah asli Indonesia ini.
          Soto atau dikenal juga dengan nama sroto dan coto, merupakan salah satu makanan khas Indonesia yg bahan utamanya terdiri dari kaldu daging, daging, dan sayuran sebagai tambahan. Untuk jenis daging sendiri yang paling umum digunakan adalah daging sapi dan ayam, disebagian daerah ada juga yang menggunakan daging babi ataupun kambing.
          Setiap daerah di Indonesia memiliki soto dengan ke khas-an masing-masing. Kita pasti sudah mendengar soto makasar, soto betawi, soto bogor,soto  madura, soto lamongan dan banyak lagi jenis soto dimana penamaannya biasanya berdasarkan nama daerah tempat asal soto tersebut.
          Dalam hal penyajian, Masing-masing jenis soto memiliki perbedaan tersendiri. Misal ada soto yang penyajiannya disertai dengan hidangan lain seperti dengan kerupuk, perkedel, emping, sate, telur, dan sebagainya. Bagi sebagian besar masyarakat tentunya soto disantap dengan tujuan untuk mengenyangkan. Oleh karena itu sering disertakan nasi dalam penyajiannya. Dalam hal penyajian nasipun, ada perbedaan utk setiap daerahnya. Penyajian nasi yang terpisah dengan soto biasanya kita temui pada soto khas betawi dan soto padang. Untuk penyajian nasi yang langsung dicampur dengan soto dimana dikenal dengan soto campur sari bisa kita temui pada soto kudus. Ada juga daerah yg menganti nasi dengan lontong yang biasa kita temui pada soto makasar. Bahkan untuk soto bogor, nasi dan lontong diganti dengan mie, sehingga bogor dikenal juga dengan soto mienya.
 
Soto merupakan hidangan yang terkenal di Indonesia. Soto sendiri sudah kita kenal dengan makanan tradisional dari berbagai daerah, karena hampir di setiap daerah memiliki makanan yang disebut "soto". soto itu sendiri memiliki berbagai macam keunikan rasa, untuk mengetahui ciri khas dari soto itu sendiri dari setiap daerah menggunakan nama kota atau daerahnya pada makanan ini, misalnya : soto lamongan, soto madura, soto kudus, soto semarang, soto bandung, dll. tahukah anda sejarah soto yang sebenarnya??? Menurut Dennys Lombard, dalam bukunya Nusa Jawa: Silang Budaya, asal mula Soto adalah makanan Cina bernama Caudo, pertama kali populer di wilayah Semarang. Dari Caudo lambat laun menjadi Soto, orang Makassar menyebutnya Coto, dan orang pekalongan menyebutnya Tauto bahkan beberapa tempat ada yang menyebutnya Sauto. Soto juga merupakan campuran dari berbagai tradisi, baik dari tradisi cina maupun tradisi lokal yang mana bumbu dari soto tersebut di sesuaikan dengan lidah orang indonesia sehingga soto masih menjadi primadona makanan sampai sekarang.

Source: https://www.kompasiana.com/fauzy/5500d9438133112819fa7f35/asal-usul-soto

Komentar