Daily Activities

Tuesday, February 20Th 2018


anyeonghaseo, malam ini saya akan menceritakan kembali tentang aktivitas saya khusus hari ini . Hari ini saya  memulai aktivitas saya pada pukul 06:00 pagi , kemudian pada pukul 07:30 saya berangkat menuju kampus . saat sampai di kampus saya langsung mengeluarkan bahan-bahan yang telah di prepare sebelumnya karena berhubungan makanan harus ready pada jam 10:00 pagi  jadi saya harus pintar menggunakan waktu saya agar masakan bisa ready pas pada waktunya . dan sebelum one line saya terlebih dahulu mencairkan stock yang akan di gunakan dalam pembuatan makanan yang akan saya buat hari ini , selain itu saya juga mencuci ikan ,udang, cumi-cumi yang jadi bahan utama saya hari ini kemudian memberikan seasoning .

kemudian kami oneline pada pukul 08:00 yang dilakukan dosen terlebih dahulu yaitu mengisi absensi dan kemudian memberikan sedikit arahan kemudian pada pukul 08:30 kami pun memulai aktivitas cooking pada awalnya saya sangat bingung dengan makanan yang saya buat karna kelompok saya hari ini berkurang jadi kami kekurangan tenaga , tapi kemudian perlahan tapi pasti saya dan kelompok saya mulai memahami dan mengikuti arahan dari recipe dan juga di bantu oleh supervisor kemudian saya mengerti dan semuanya berjalan dengan lancar . Dan inilah makanan yang hari ini saya buat :


DOJANG NAKENG 




Ingredients:
- 1 liter seafood stock
- 2 stalk lemongrass
- 3 kafir lime leaves
- 500 gr large parwns 
- 300 gr squid
- 60 gr shallot
- 2 large red chillies 
- 150 gr coconut meat
- 4 tbsp lemon basil
- 2 tbsp fresh mint
- 4 tbsp lime juice 

Procedure:
1.bring stock together with two-thids of the spice blend, lemongrass and lime leaves to a boil . reduce heat and simmer prawns at very low heat until prawns are cooked, which will take only about 2 minutes. Retain the stock by scooping the prawns from the stock and plunging them into ice waterfor 30 second. Drain the water and peel the prawns.
2. Marinate squid with reamining spice blend and vacuum cook at 50'c for 10 menute.
3. combine prawns and squid with all ingredients for the dressing, mixing well.
4. seasoning to taste with salt and ground white papper.
5. Garnish as desired and serve . 


RUJAK MIE 


Ingredients:
- 600 gr fish fillet, skinned and cut into 1,5 cm cubes
- 1pinch salt
- 1/2 crushedwhite pepper seafood spice blend
- 1liter light chicken stock oil for deep frying
- 160 gr tofu , rice flour as needed
- 2 tbsp dried shrimps
- 160 gr agg noodles 
- 120 glass noodles , soaked in hot water to soften, cut into 7-cm lengths

Dressing:
- 100 gr shallots , peeled and sliced 
- 40 gr Garlic , peeled and sliced
- 4 tbsp rice venegar
- 4 tbsp sweet soy sauce ( kacap manis )
- 1 tbsp soy sauce ( kecap asin )

Garnish:
- 100 gr cucumber , seeded and diced 
- 100 gr pineapple, peeled and diced
- 2 tbsp fried sallots
- 50 gr spring onions ( scallions ), finely sliced
- 50 gr celery leaves , fineli sliced

Procedure:
1. to prepare fish paste, season fish fillet with salt and papper, then coat, evenly with seafood spice blend.
2. to make the dumplings , warm stock to 80°c using two teaspoons, shape small oblong dumplings from basic fish paste and into stock . let cook fot 5 minutes or until dumplings float to the surface . drain and keep warm.
3. to prepare the dressing, combine shallots and garlic into a smooth dressing. set aside.
4. Heat oil for deep-frying over medium heat . Dust tofu with rice flour and deep - fry till crips and golden . Drain on paper towels and cut into 1-cm cubes 
5. place dried shrimps in a stone mortar or food processor and process until fine.
6. blanch egg noodles briefly in stock. place into four large, deep soup plates. repeat with glass noodles.
7. Garnish with cucumber. paneapple, fried shallots, sliced spring onions and celery leaves. serve dressing on the side .




Dan karena tema hari ini adalah indonesian buffet yang artinya prasmanan indonesia jadi saya menyiapkan atau menyisihkan sebahagian dari makanan tersebut untuk nantinya di refill atau sistem isi ulang. setelah selesai makanan tersebut di bawa menuju restoran padan pukul 10:00 dan pada pukul 11:30 saya dan kelmpok saya melakukan prepare untuk besok tidak cukup waktu lama karna yang di prepare hanya daging kemudian pada pukul 04:00 kamipun melakukan GC yaitu aktivitas yang sangat rutin untuk di lakukan setiap selesai praktek pada pukul 06:15 kamipun pulang . Dan sekian dari cerita saya hari ini dan masih akan ada cerita yang lainnya diesok hari thankyou .

Komentar